Skip to main content

Fakta unik mengenai semut




Fakta unik mengenai semut akan membahas beberapa sifat dan tingkah laku unik semut. kita sering melihat semut dimana-mana, namun pengetahuan kita mengenai semut sangatlah minim. mari kita peljari beberapa tinggkah laku semut berikut ini:
  • Ada sekitar 12.000 macam semut didunia
  • Seekor semut mampu mengangkat beban yang 20 kali lebih berat dari badannya. Jika seorang anak SD sekuat semut, maka dia mampu mengangkat sebuah mobil
  • Beberapa ratu semut dapat hidup bertahun-tahun dan memnghasilkan jutaan anak semut
  • Semut tidak punya telinga. Semut “mendengar” dengan merasa getaran ditanah melalui kakinya
  • Ketika semut berkelahi, biasanya mereka akan berkelahi sampai mati
  • Ketika mencari makan, semut meninggalkan jejak pheromone, jadi mereka tahu jalan pulangnya.
  • Ratu semut memiliki sayap yang akan terbuka ketika mereka memulai sarang baru
  • Semut tidak mempunyai paru-paru. Oxygen masuk melalui lubang kecil dari seluruh tubuh dan karbon dioxida juga keluar melalui lubang yang sama
  • Ketika ratu dari sebuah koloni semut mati, koloni tersebut hanya bisa bertahan hidup untuk beberapa bulan saja. Ratu jarang bisa digantikan dan para pekerja tidak bisa menghasilkan anak semut.
Meskipun semut kadang membuat kita jengkel ketika mereka masuk kerumah atau sedang berekreasi, semut sebetulnya membantu lingkungan sekitar kita. Semut itu bintang social yang artinya mereka hidup dalam koloni yang besar. Tergantung spesies, koloni semut dapat terdiri dari jutaan semut.

Ada tiga macam semut dalam sebuah koloni semut. Ratu semut, pekerja, dan jantan. Ratu dan semut jantan memiliki sayap, sedangkan semut pekerja tidak memilik sayap. Ratu adalah satu-satunya  semut yang bisa menghasilkan telur. Tugas semut jantan adalah berkawin dengan ratu semut dan biasanya mereka tidak hidup lama setelah itu. Ketika ratu semut sudah dewasa, ia menghabiskan hidupnya menghasilkan telur tergantung spesiesnya, sebuah koloni bisa memiliki satu atau banyak ratu.

Koloni semut juga punya semut tentara yang tugasnya untuk melindungi ratu semut, melindungi koloni, membunuh mangsa, menyerang koloni musuh dalam upaya mencari makanan dan tempat untuk bersarang. Jika mereka mengalahkan koloni yang lain, mereka akan mengambil telur koloni yang kalah tersebut. Ketika telur-telurnya menetas, mereka akan menjadikan semut yang baru lahir tersebut budak bagi koloni mereka . beberapa tugas dari koloni semut termasuk menjaga telur dan anak semut, mengumpulkan makanan untuk koloni dan membangun gundukan tanah semut yang sering kita lihat.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Fakta Dunia tentang berat bumi kita

FaktaUnikDunia tentang berat bumi mungkin perlu kita ketahui. masak tinggal dibumi tidak tahu berat bumi. Meskipun sains mulai  berkembang begitu pesat, spertinya pertanyaan simple seperti berapa berat Bumi tidak semudah yang anda bayangkan. Menimbang berat bumi dengan menempatkannya ditimbangan adalah hal yang mustahil. Jadi bagaimana cara kita menimbang berat total bumi?

APOLLO 11 HOAX

Pada tanggal 15 Februari 2001 stasiun TV FOX (disiarkan kembali 2005 oleh Star World Philipines) menyiarkan sebuah program dengan judul Conspiracy Theory: Did We Land on the Moon?. program ini memberikan bukti-bukti bahwa NASA telah memanipulasi berita pendaratan di bulan.