Skip to main content

Fakta Unik tentang udara yang kita hirup

FaktaUnik kali ini akan mengajak anda untuk melihat lebih dalam tentang oxygen yang kita hirup. apa saja yang terkandung didalamnya dan apa saja manfaat zat-zat yang terkandung didalamnya.

Tahukah kamu kalau udara yang kita hirup bukan hanya oxygen, tapi sebenarnya terdiri dari berbagai macam gas seperti nitrogen, oxygen, carbon dioxide, aregon, neon, dan banyak lagi lainnya. Setiap gas ini memiliki khasiat yang bermanfaat jadi memisahkan setiap gas ini dari udara akan sangat bermanfaat. Proses penyulingan ini disebut dengan fractional distillation dan terdiri dari dua langkah.
Pertama mendinginkan udara sampai pada tingkat yang paling rendah (misalnya mengubahnya menjadi cairan) kedua memanaskannya sehingga setiap gas menguap pad tingkat didihnya masing-masing. Kunci untuk keberhasilan disini adalah setiap elemen dalam udara memiliki titik didih yang  berbeda. Selama kita tahu titik didih setiap gas ini, kita bisa memisahkan gas tertentu dari udara.
Jadi apa manfaat menyuling dan memisahkan gas-gas ini ? Cairan oxygen digunakan untuk member tanaga untuk roket sedangkan gas oxygen digunakan untuk tabung gas udara, nitrogen digunakan untuk pupuk, komponen asam nitrat dari nitrogen diguanakan untuk bahan peledak.
Gas-gas yang lain masing-masing juga memiliki kegunaannya tersendiri. Misalnya aragon digunakan unutk mengisi ruang kosong didalam kebanyakan bohlam lampu. Karbon dioxida digunakan untuk pemadam kebakaran dan bagus diguanakan untuk memadakan cairan yang  terbakar dan kebakaran lsitrik. Masih banyak lagi kegunaan yang bisa disebutkan tapi sepertinya sudah sangat memadai untuk mengatakan bahwa proses fractional distillation benar-benar sangat bermanfaat bagi kehidupan dunia.

Comments

Popular posts from this blog

Fakta unik mengenai semut

Fakta unik mengenai semut akan membahas beberapa sifat dan tingkah laku unik semut. kita sering melihat semut dimana-mana, namun pengetahuan kita mengenai semut sangatlah minim. mari kita peljari beberapa tinggkah laku semut berikut ini:

Fakta Dunia tentang berat bumi kita

FaktaUnikDunia tentang berat bumi mungkin perlu kita ketahui. masak tinggal dibumi tidak tahu berat bumi. Meskipun sains mulai  berkembang begitu pesat, spertinya pertanyaan simple seperti berapa berat Bumi tidak semudah yang anda bayangkan. Menimbang berat bumi dengan menempatkannya ditimbangan adalah hal yang mustahil. Jadi bagaimana cara kita menimbang berat total bumi?

APOLLO 11 HOAX

Pada tanggal 15 Februari 2001 stasiun TV FOX (disiarkan kembali 2005 oleh Star World Philipines) menyiarkan sebuah program dengan judul Conspiracy Theory: Did We Land on the Moon?. program ini memberikan bukti-bukti bahwa NASA telah memanipulasi berita pendaratan di bulan.